[ala magic com] byebye mie ayam abang-abang!

mie ayam
mie ayam

ih mba, seriusaan ini mirip mie ayam jualan-jualan tea.”

itu komen dari anak-anak kosan pas aku suruh mereka nyobain mie ayam yang kubikin. untuk urusan masak memasak, kadang aku masih heran sendiri, ternyata bisa juga yak, aku bikin ini itu. secara yaa.. aku anak mamah yang belum keneh dipercaya ke dapur sama sang mamah😛. eh, bukan bisa sik, maksudnya ada rasanya juga. egimana siy, ya gitu deh ahaha.. sombong banget aku ngakungaku bisa masak. 

jadi kesimpulannya semua orang bisa masak, asal dia mau nyoba. *maaf ngelantur😀

aku suka banget sama mie dan mie ayam. sebelumnya gak pernah terpikir untuk membuatnya juga, tapi resep mie ayam dari mba endang ini gampil bingit. yang akhirnya membuatku pengen bikin dan bikin lagi.

ini dia:

Bahan- bahan:
– 2 bungkus mie instan atau 1/2 bungkus mie telor, rebus hingga matang, tiriskan. Beri 1/2 sendok makan minyak zaitun, aduk rata supaya mie tidak lengket.
– Dada ayam tanpa tulang 1 potong. Anda bisa menggunakan bagian ayam yang lain: kulit, ceker, kepala atau sayap untuk menambah cita rasa ayam di kuah kaldu. 
– Sawi 4 tangkai rebus sebentar, tiriskan. 

Bumbu dihaluskan:
– Bawang putih 3 siung
– Bawang merah 5 siung
– Merica 1/2 sendok teh
– Ketumbar 1 sendok teh
– Jahe 1 ruas jari
– Laos 1/2 ruas jari

Bumbu lainnya:
– Daun salam 3 lembar
– Kecap manis 2 sendok makan
– Minyak sayur 1 sendok makan untuk menumis
– Daun bawang 2 tangkai iris melintang 1 cm
– Garam & gula secukupnya.

Cara Membuat:
Kaldu ayam:
Rebus ayam dengan air sebanyak 3 gelas belimbing hingga empuk. Tiriskan dan potong dadu, sisihkan. Air kaldu bekas merebus ayam akan kita gunakan untuk membumbui ayam dan kuah mie.

Tumisan ayam:
Panaskan 1 sendok makan minyak di wajan, tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Matikan api. Bagi bumbu menjadi dua bagian. Sisihkan 1/2 bagian bumbu ke dalam mangkuk kecil biarkan 1/2 bagian bumbu lainnya tetap di dalam wajan.

Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu di wajan, tambahkan kecap manis, daun bawang dan 1/2 kaldu ayam serta garam dan gula secukupnya. Masak hingga bumbu meresap di ayam dan air kaldu agak berkurang. Cicipi rasanya, jika telah pas, matikan api.

Sekarang kita siapkan kuahnya.
Masukkan setengah tumisan bumbu yang tadi kita sisihkan ke dalam panci berisi sisa kaldu ayam. Tambahkan garam, cicipi rasanya. Biarkan mendidih dan angkat.

Cara penyajian:
Tata mie diatas mangkuk, tambahkan 3 sendok makan tumisan ayam diatasnya. Kuah ayam bisa langsung disiramkan diatasnya atau kita pisahkan di mangkuk kecil. Lengkapi dengan irisan daun bawang, saus tomat atau saus cabai.

kaya yang panjang pisan prosesnya, ya? percayalah, pas bikin gak sepanjang tulisan itu, apalagi pas makannya. langsung lep. langsung lep.😀

kalau mba endang pakai mie instan, aku pake mie telor yang 5000-an tea. dan beli sayap ayam seperempat saja. sengaja sayap biar banyak kulitnya. aku skip minyak zaitun karena enggak ada.

sebenernya kalo bumbu aku kira-kira aja, mengingat ayamnya hanya 1/4 kg. dan aku sengaja memperbanyak sosin, enggak cuma 4 lembar kaya yang dibilangin di resep.

rasanya beneran enak, dan mirip mie ayam abang-abang😀. meski menurutku masih keasinan dan kurang gurih. mungkin karena gak pakai minyak ayam dan penyedap rasa. karena gakada pangsit gede, aku beli aja pangsit kecil-kecil di warung seharga Rp500. sama aja kok, rasanya juga.

lain kali pengen bikin minyak ayamnya ah, biar rasanya lebih gurih. resepnya nyontek dari sini:

 Minyak Ayam :
– 200 ml minyak sayur
– Kulit dan atau lemak ayam secukupnya
– 2 siung bawang putih, geprek
– 1 siung bawang merah, geprek
– 2cm jahe, geprek
– 1cm kunyit, geprek
– 1/2 sendok teh lada, tumbuk kasar
– 1/2 sendok teh ketumbar, tumbuk kasar
Panaskan minyak. Masukkan semua bahan-bahan, masak dengan api kecil sampai kulit ayam kering sambil di aduk-aduk. Setelah kulit ayam kering, matikan api dan tunggu agak dingin. Kemudian saring dan taruh di wadah tertutup. Minyak ayam bisa awet hingga satu bulan jika disimpan di dalam kulkas.

 

okay. selamat meracik mie ayammu sendiri. mie ayam abang-abang? good bye!😉

 

mie ayam
mie ayam

 

antim24, 20/04/2016

 

 

21 thoughts on “[ala magic com] byebye mie ayam abang-abang!

  1. wahh..mie lover ya Mbak..toss Mbak😀
    biasanya bikinnya bakmi jowo…simpel. bayangin mo buat mie ayam kok kayaknya ribet..hehe #pemalas

    minyak ayam itu yg mana Mb? itu bahan minyak ayamnya diapain??

    Like

    • titin suka bingung beli mie ayam di sini. mungkin karena sll brg sama warung bakso, jd asa gda bedanya rasa bakso dan mie ayam.

      dan bener2 g ngerti klo png mie ayam belinya dmna😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s