(Ala Magic Com) Killer Softbread yang Setengah Berhasil

“Neng, hari ini mau kemana?”

“Mau benerin laptop, Teh. Tapi sorean, da..”

“Asiik, sorean kan? Tin mau bikin roti. Kan jadi ada yang makan, entar.”

“Tenang, Teh, entar aku makan.”

Dan akhirnya, selepas shalat gerhana dan foto-foto di sebelah gedung merdeka, kami –aku dan Mpit, pulang sekalian mampir pasar. Tujuannya sebenarnya sih, buat beli bumbu dan sayur dan sekalian telor, karena kalau untuk bahan roti masih relatif lengkap.

Jam 10 lebih aku mulai menyiapkan bahan-bahan, niatnya pengen nyontek resep Teh Tiya di IG yang katanya lagi nge-hits yaitu Killer Softbread. Berkali-kali aku baca baik-baik resep Teh Tiya dan resep roti ala magic com di beberapa blog. Sedikit ragu karena aku sebenarnya taktahu persis ukuran telor dan susu full cream yang dipake. Tapi bismillah saja, yang penting udah nyoba daripada berujung penarasan.

Benar saja, susu yang kumasukan ternyata terlalu banyak, hingga berkali-kali kutambahkan terigu dan margarin ke dalam adonan sampai bener-bener kalis, fufufu..

“Ini kira-kira mateng nggak, ya, Neng?”

“Matenglah, Teh.” Mungkin Mpit hanya menenangkan ketika melihat aku ngulen adonan yang tak kunjung kalis.

Hingga entah persisnya berapa gram terigu dan margarin yang terpakai yang membuat adonan itu kalis juga. Setelah itu, kudiamkan adonan barang sejam, dan akupun bisa dengan tenang nyayur kangkung plus goreng tempe. Iyes, ini menu terenak sedunialah.

Setelah sejam, mengembang juga adonannya. Yeay! Mulailah drama ngebentuk sang roti yang ternyata terlalu lembek dan susah untuk dibikin buletan. Akhirnya aku pasrah dengan hanya menaruhnya begitu saja di teflon.

aku ambil setengah adonan, kemudian diisi dengan susu coklat dan keju. Terus sisa adonannya aku taruh di atasnya. Panggang deh di magic com.

Sejam kemudian..

“Teh, kok bau gosong?”

“Iyah, tadi Tin masaknya pake diganjel magic com nya, jadi aja kepanasan. Tapi enak ko, berasa roti.” Ini aku menenangkan diri sendiri, biar nggak ngerasa rugi.

(diganjel: ceklekan magic com di ganjel kertas biar gak turun-turun)

Aku lupa, tempo hari waktu bikin pizza juga sempet ganjel magic com, jadi aja gosong bawahnya. Dan untuk roti ini parah banget gosongnya, tebel gitu, meski lebih tebel yang gak gosong siy.

“Enak ko, Teh.” kata Iis.

“Teh, ini gulanya kurang yah?” Kata Luthi.

“Aku suka pinggirnya yang rada keras.” Kata Mpit.

Alhamdulillah, habis juga rotinya. Kurang manis karena memang tidak sesuai resep. Gosong karena kesalahanku ngeganjel magic com. Tapi rasanya masih roti dan enak-enak aja dimakan.😀

Pengalaman pertama bikin roti ternyata setengah berhasil. Setengah berhasil karena adonannya masih terlalu lembek dan gakbisa dibentuk.

Teksturnya emang lembut, enakan inilah dibanding roti yang seribuan *sombong😀. Eh, iya maksudnya emang hasilnya lembut, meski memang bikin kenyang dan seret pas dimakan. Mungkin yaa, ini mungkin, karena terigu yang kebanyakan atau entahlah.

Mau tau penanampakannya? This is it..! Jauh yah, dari penampakan rotinya Teh Tiya :)).  Itu cokelat karena kulumuri susu cokelat dan bentuknya aduhai karena lembek jadi bingung mau digimanain.

Mana shaking pulak motonya. Pokonya udah gak niyat moto banget emang :))

killer softbread

 

Kalau di Teh Tiya kan dibentuk dulu baru didiemin, kalau aku diemin dulu sampe mengembang baru dibentuk. Ok, next coba lagi, Insya Allah.

 

This slideshow requires JavaScript.

 

 

Bye. Sampai jumpa di ala magic com selanjutnya. *songong :))

 

 

 

pinus30, 11/3/16

 

12 thoughts on “(Ala Magic Com) Killer Softbread yang Setengah Berhasil

    • iyah, magic com emang buat manggang, gentinya oven.😀

      bisa pake teflon yang buat ngegoreng juga mba. kaya pizza atau pie susu juga bisa pake teflon, hanya dimainin apinya aja kali, jangan terlalu gede, hehe

      Liked by 1 person

    • lembut mbaa, beneran lembut sesuai yang dibilangin di resep.
      mungkin kalau bikinnya ngikutin step di resep yang di IG itu bakal berhasil.

      titinnya gda timbangan, jadinya kira2 aja masukin susu sama telurnya😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s