bertumbuhlah sesuai masanya

tapak

akhir-akhir ini banyak kompetisi ratu-ratuan untuk anak di TV, naasnya bukan ratu atau raja anak yang terbentuk, melainkan prototipe orang dewasa yang terjebak pada tubuh mungil anak.

beberapa waktu lalu sempet nonton acara talk shownya sang master mentalis. bintang tamunya mulan jameela dan anaknya serta anak kecil finalis kontes bintang berbakat anak. anak mulan masih wajar aja, lari-lari sana-sini dan main-main dengan properti yang memang disediakan agar anak-anak betah di acara tersebut. sedangkan si anak yang menjadi bintang tamu lainnya benar-benar jaim. duduk ala putri Indonesia, tegak dan pasang mimik serius serta tak menoleh sana-sini.ย 

ketika disuruh main, dia gakmau. “aku gakmau main,” ujarnya dengan tampang serius dan di dewasa-dewasain. sang pembawa acara sampe gemes geram gitu, soalnya pas ditanya sang anak sama sekali tak menengok plus menggunakan kalimat-kalimat yang biasa digunakan oleh orang dewasa juga. dia bergaya ala Princess Sesuatu, sampe sang pembawa acara nampak menyerah untuk meyuruhnya bermain sehingga kelihatan wajar sebagai anak usia 4 tahun. sampe sang pembawa acara bilang:

“kalo saya jadi MC tuh acara dia gak akan ngomong begitu sebab saya tak akan mengucapkan kata-kata seperti itu.”

mungkin bagi sebagian orang anak yang bersikap seperti itu lucu. tapi bagiku pribadi itu sangat menyedihkan. masa anak-anak itu hanya sekali, masa untuk bertumbuhnya segala akhlak, sikap hidup dan sebagainya. so, kebayang kan, ketika dari kecil sudah dijejali dengan hal-hal seperti itu. bagaimana rupa ia saat besar nanti?

dan percayalah adik-adikku sayang, kelak ada saat dalam hidup kalian ingin mengatakan, “pengen jadi anak kecil lagii!” dan mungkin itu taksekali dua kali diucapkan. dan emang bener juga siy, yang baim bilang, “orang dewasa itu ribet.”๐Ÿ˜€

namun begitulah manusia.. dulu waktu kecil, kita pengen cepet gede. ngaku deh kaka.. bener kan bener dong?๐Ÿ˜€ bagaimana rasanya jadi orang dewasa yang taklagi dikejar-kejar untuk mandi sore, untuk makan, terus bisa main jauh pake motor, bisa ke sana-ke sini bareng temen-temen sekolah, dapet SIM dsb dsb.

giliran udah gede, hampir semua orang kayanya pernah mengatakan, “enak ya jadi anak kecil. gak punya beban, bisa tertawa lepas.”ย 

ya gitu deh, manusia mah mau enaknya aja, padahal semua ada masanya. dan setiap masa adalah saat-saat untuk belajar lebih optimal sebagai bekalan di masa selanjutnya. duh, belibet deh๐Ÿ˜›

jadi inget cerita ini.

Suatu hari seorang gadis kecil menemukan sebuah kepompong di halaman rumahnya yang akan mengeluarkan seekor kupu-kupu. Teringat akan keindahan warna kupu-kupu, gadis kecil itu menunggunya dengan sabar. Sebuah lubang kecil tampak mulai terbuka. Tampak kupu-kupu berjuang keras berusaha keluar dari lubang yang belum sepenuhnya terbuka tersebut. Lama sekali gadis tersebut menunggunya dan tidak tampak kupu-kupu tersebut akan berhasil keluar.

Gadis kecil tersebut merasa kupu-kupu tersebut tidak akan dapat keluar dan ia memutuskan untuk membantunya. Kemudian ia mengambil sebuah gunting dan menggunting lobang kecil tersebut menjadi sedikit lebih besar sehingga kupu tersebut dapat keluar.

Tak lama setelah lubang tersebut terbuka, kupu-kupu tersebut dapat keluar dengan mudah. Tapi alangkah terkejutnya si gadis kecil ketika melihat tubuh kupu-kupu tersebut membengkak dengan sayap yang keriput. Gadis itu tetap menunggu dengan sabar berharap sayap kupu tersebut melebar dan menjadi normal sehingga dapat digunakan untuk terbang. Lama sekali ia menunggu berharap hal tersebut terjadi, tapi tak ada perubahan apapun dan hari itu ia mendapati kupu-kupu tersebut tidak dapat terbang di sisa hidupnya dan hanya akan terus merangkak di tanah sampai ajal menjemputnya

ย 

so, nikmati saja waktumu dek-adek, anak muda, anak muda yang mahasiswa, anak muda yang udah sarjana tapi belum kerja, anak muda yang udah kerja tapi masih sendiri, anak muda yang udah nikah, anak muda yang udah nikah tapi belum punya anak, anak muda yang udah mulai tua.. dan anak-anak manusia semua. bertumbuhlah sesuai masanya eaa

semoga Allah senantiasa memberkahi setiap langkah kita di setiap masa. aamiin. ^^

ย 

ย 

salam dari anak muda๐Ÿ˜€

antim 24, 8/6/14

 

 

 

 

 

15 thoughts on “bertumbuhlah sesuai masanya

  1. iya sama. sebel banget sama anak2 kecil yg berlagak kedewasaan. –”

    tapi gue anak gede berlagak kekanak-kanakan, gimana dooonk? *ampuun ya Allah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s