ngerandom

barusan mampir ke lapak neng enje, plus nerima WA dari ninu yang otw pulang jadi pengen nginget-nginget tentang perjalanan. sebenernya siy, aku selalu ngiri sama orang yang bisa jalan-jalan jauh. ya, hari ini ninu otw Kenawa, sekembali dari tambora. selasa baru ngantor lagi.

ngomong-ngomong perjalanan, aku belum pernah melakukan perjalanan yang asik, yang jauh dan yang amat mengesankan. dulu jaman masih imut, yang kebagian ikut jalan selalu si bungsu. tiap bapak study tour bareng anak muridnya pasti ngajak adik, bukan aku. tapi pun aku biasa aja, gakpernah iri atau semacamnya.

perjalanan jauh pertamaku waktu darmawisata jaman SMP. ke TMII, ancol, mampir bandung dan entah kemana lagi, aku lupa😀. itu perjalanan pertama dan terjauh sampai SMU. takbanyak memori yang tersimpan tentang asiknya perjalanan tersebut, kecuali ke alay an anak SMP yang lagi seneng-senengnya ngegerombol sana sini. ahay..😀

selepas SMU, aku bernajak ke bandung. nggak sendiri-sendiri banget, karena di sini ada kakak yang tiap saat bisa dimintain sangu #eh. jaman kuliah juga gak sering jalan. jalan mah ya standar ke kondangan orang-orang di sekitaran jekardah, nengok temen sakit, ngelayat, sampe nonton konser di UI bareng anank LDK *niat bingiits😀

ke garut, lembang dan sekitaran jabar sinilah palingan. so.. datar-datar aja kan kisah perjalananku?😛

sampai kemudian aku sempat ikut santika. –pernah siy, hampir mendapat tugas supervisi ke batam, tapi gakjadi sebab cekripsi, pernah hampir ikut tim evakuasi ke pangandaran tapi gakjadi juga. 

jadi jalan-jalannya standar aja. palingan survey ngebuka jalan buat MD sekitaran bandung sumedang, pelatihan yang ada di tasik atau subang. naik turun gunungan bukit yang bikin kulit muka keling😛. yaa, biasa aja, sekali lagi.

sampe kemudian hal yang justru gakbiasa buatku adalah, ketika memutuskan untuk jalan atas keinginan sendiri. di akhir-akhir kuliah ceritanya pengen nyari duit, jadilah aku dan seorang teman hidup (di kosan :D) mendaftar ke sebuah lembaga les untuk mencari murid demi lembarlembar kertas berwarna merah.

setelah dapet murid tentunya kami harus mencari alamat perumahan satu-satu. iya, kalau perumahannya di pinggir jalan. kalau enggak, ya kita harus ngojek dulu, mbecak dulu. belum lagi waktunya malam-malam. belum lagi kami yang angkoters harus balik ke jatinangor dengan waktu tempuh paling gak sejam dua jam.

aku yang terbiasa dicukupi apapun kumau. aku yang terbiasa antar jemput di rumah, merasa jalan-jalan ini menjadi istimewa. ngetuk rumah satu-satu, nyari alamat, pulang malam. berasa hidup saat itu. *padahal gitu doang :))

aku yang selalu dikhawatirin ketika hendak berkunjung ke tempat baru, aku yang selalu diwanti-wanti harus begini begitu di tempat orang, jadi merasa ‘bebas’ dan mandiri selepas SMU. apalagi bersiap menjemput rezeki sendiri *tsaah. maklum, meski bukan bungsu dan bukan anak perempuan tunggal, tapi ibu selalu saja khawatir sama anak-anaknya ketika jauh dari rumah.

ke jakarta sendiri, Tin? ati ati bla bla bla

di kereta jangan tilawah, atiati bla bla

di rumah bue yang sopan, ikut nyuci, nyapu, bla bla

sama ibu kos, bla bla 

namun perjalanan yang takpernah terlupa tentu perjalanan yogya kebumen. aku yang paling males berurusan dengan segala birokrasi harus ngurusin segala birokrasi rumah sakit. nyari apotek yang entah di mana tempatnya. belanja ini itu, nyari ini itu di tempat yang baru sama sekali. yang akhirnya bapak sama ibu gak lagi pesen harus ini itu, harus begini begitu.😀

dari sanalah, saat merasa takada lagi yang bisa dijadikan sebagai teman jalan. saat takada lagi orang yang membersamai, beriringan menemani, mau takmau aku harus menetapkan perjalanan itu sebagai teman. takperlu gusar, takut, merasa gak asik, sebab ketika menjadikan perjalanan sebagai teman, ia akan mengenalkan kita pada teman-teman lainnya yang ajaib, yang membuat kita makin merasa bahwa Dia-lah sejatinya teman tersebut.

ahaha.. jadi ngrandom gini. wis aah.. poko’e ngeblog!😀  ini beberapa sisa perjalanan. dari beberapa tempat dan aktivitas ^^

antim 24, 1/6/14

15 thoughts on “ngerandom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s