one day trip ke pulau onrust, cipir, kelor

pulau kelor

Ahad, 27 April 2014 kemaren aku dan  beberapa temen sempet jalan-jalan ke Onrust, Cipir dan Kelor. dan jalan-jalan itu berawal dari ini,

Screenshot

 

beberapa hari setelah aku posting tentang “ini selfie aku, mana selfie kamu?” tetiba di TL berseliweran fotofoto sepatu juga. rupanya Om Nukman tengah bikin kuis kecil-kecilan foto #selshoes.

maka dengan PD-nya aku ikut juga. naah, foto yang kusertakan tentu foto dengan sepatu dan angle favoritku itu😀. rasanya sore itu seneng banget liat banyak banget fotofoto sepatu dengan berbagai macam background deh, lucu aja diliatnya😀

pas udah pulang kosan, ternyata ada notif twitter dari Om Nukman. dan ternyata benar, fotoku  menjadi salah satu foto pilihan. saat itu hadiahnya cuma 3, dua pasang sepatu dan satu paket trip hemat. aku siy ngarep sepatu sebenernya, tapi pas liat TL yang disebut duluan bukan ID ku. so, dengan sedkiti kecewa —sedikit dowang ko, aku ternyata dapet paket jalan-jalan itu.

“habissaan, kamu kalo diajak jalan-jalan selalu bilang gak punya uang.” kata kai, waktu aku bilang sebenernya pengen sepatu. ahaha.. bener juga, sik😀

maka setelah itu aku mule bergerilya buat ngajak anak-anak ikutan jalan. kai jadi korban pertama dong pastinya, pake ngancem segala, kalo dia gak ikut ya aku males. wong mabit-nya juga di dia palingan kalo jadi jalan juga :))

hingga akhirnya terkumpul delapan orang buat ikutan, plus seorang anak ucil tiga tahun, hafshah.

pulau kelor 1

di depan benteng di pulau kelor

..dan perjalanan pun dimulai. meeting poin yang ditentuin dari pihak @triphemat yaitu di kota tua. walhasil, kami nyubuh berangkat dari depok ke stasiun kota. naik dari stasiun Pocin dan udah gak dapet tempat duduk dong, baru bisa duduk pas udah sampe tebet.

IMG_20140429_084100

melantai di commuter line😀

sampe di kota sekira jam 6.30 dan langsung menuju kota tua. keliling bentar dan sangat merasa tidak nyaman. bau, sampah, kotor dan entah apalagi. sedih banget rasanya pas liat. sampah numpuk di mana-mana, bau pesing dan orang yang jualan di pinggirannya banyak yang masih pada tetiduran. sementara itu segerombol orang yang seperti akan melakukan trip belum juga nampak di depan museum fatahillah.

kota tua

museum fatahillah

 

IMG-20140501-WA0006

pintu museum yang tinggi

setelah rombongan kumpul, sekitar jam 08.00 kami berangkat ke muara kamal. ada 50 orang lebih sepertinya yang akan ikutan trip kali ini. tentu kami tidak kenal satu sama lain. lagian mereka juga pergi bersama rombongannya masing-masing, jadi semua orang juga sibuk dengan hidupnya masing-masing *halah😀

taksampai satu jam kami sudah sampai di pulau pertama tujuan kami, yaitu kelor. pulau yang katanya pernah menjadi tempat pernikahan atiqah hasiholan dan rio dewanto ini gak besar, hanya sepelemparan batu  *lemparannya sapa, Mba?😛. paling setengah jam juga udah selesai berkeliling. tak ada apa-apa di sini kecuali dermaga, toilet dan benteng martello.

benteng martello, atau tepatnya reruntuhan benteng martello berbentuk lingkaran dengan jendela-jendela besar di pinggirnya. benteng ini berfungsi sebagai menara pengawas sekaligus sebagai benteng pertahanan dari serangan Inggris. di bangun oleh belanda pada abad 17.

pulau kelor_benteng

 

benteng kelor

benteng martello

Photo-1274

dari dalam benteng

benteng kelor 4

 

eh, itu gak keliatan tinggi yah?.. baik-baik. ini foto yang menunjukkan kalo itu kita pake acara naik-naik ke atas dulu pas mau ke jendela-jendelanya😀

IMG_5568

 ayah hafshah yang memulai ‘penekan’ ke atas😀

kelor_batu karang

ada bebatuan begini di kelor. hatihati tajem, sampe menelan korban HP seseorang yang sempet jatuh di sini.😀

kelor 2

pasir putih di kelor

pasir putih di kelor

aku sendiri gak cukup puasa ada di kelor ini. gak sempet lebih banyak lagi eksplore foto, karena panas yang amat menyengat. jadi kita belum sempet main di pantainya dengan puas😀

pulau yang kedua yaitu onrust yang berasal dari kata un rest. ya, konon katanya pulau yang dahulu dijadikan asrama haji ini selalu sibuk. luasanya tak jauh beda dengan kelor dan cipir. hanya sekali jalan maka kita akan selesai mengelilingi pulau ini. bedanya dengan kelor, di pulau ini rimbun sekali, banyak pepohonan, ada bangunan sisa peninggalan  belanda serta ada kompleks pemakaman pula. oiya, di sini ada makam yang katanya itu makam Kartosuwiryo.

di pulau ini kita ishoma. berbeda dengan kelor yang hanya terdapat satu bangunan kamar mandi, di onrust ini ada pedagang makanan. ya.. meski harganya mahal sik,😀. jadi kalo ke sini mending bekel deh, ehehe..

pulau onrust

peserta @triphemat

IMG_5635

hafshah di setapak onrust yang teduh

di pulau onrust kita gak banyak foto. habis kurilingan sama guide, waktunya makan dan kemudian istirahat. di sini memang enak buat ngadem, beda sama kelor yang puanaas, rek..

setelah dzuhur kami melanjutkan perjalanan ke pulau cipir. deket juga dari kedua pulau sebelumnya. di pulau cipir ini dulu katanya adalah rumah sakit haji. di sini banyak reruntuhan bangunan. pohonnya rimbun juga, dan ada saung-saung untuk istirahat. pantainya adem, jadi enak buat duduk-duduk.

IMG_5657

ada dua meriam yang menghadap ke laut

IMG_5654

 hafshah yang suka malumalu kalo dipoto😀

IMG_5681

bangunan di cipir

reruntuhan bangunan

IMG_5659

cukup teduh, meski hatihati banyak bulu babi

IMG_5668

romantic moment :’)

IMG_5706

pulang..

IMG_20140505_143215yah, aku takuut.

jam 14.30 kami siap-siap pulang, memenuhi dermaga menanti perahu yang berdesakan. dan seperti biasa, hafshah nangis kenceng gakmau naik perahu. maunya pulang pake angkot katanya. jangankan hafshah, aku juga serem sebenernya naik perahu. udah kenceng banget ini tangan pegangannya, meski sok cool aja pas ditanya-tanya :)). alhamdulillah muara kamal emang gakterlalu jauh, dan udah cukup rileks juga pulangnya, jadi udah bisa poto-poto juga,😀

Alhamdulillaah, lumayan hemat dan menyenangkan jalan-jalan ke tiga pulau ini. nggak perlu waktu lama dan biaya yang mahal juga. hanay memang lautnya gak terlalu bersih, sama kaya di pulau  untung jawa juga. ditambah langit yang juga serupa. kayanya susaah nemu langit biru di sana. atau emang lagi gakbiru aja, kali yak.. pas aku ke sana. kalo ada yang mau ke sini, jangan lupa sunblock dan bawa minum yang banyak, bekel buat makan siang juga yaa.. ^^

buat triphemat tingkiuuh, jadi jalanjalan deh saiah😀. menyenangkan juga jalan bareng kalian. dan yang pasti terima kasih banyak buat segerombol anak sastra yang berhasil ku dan kai provokasi untuk ngikut raramean. judulnya, aku terjebak di antara anak sastra, *tapi nggak ngrasa tuh :))

next trip, kemana kitaaah? mari rencanakan!😉

muara kamal

kampung nelayan muara kamal dengan airnya yang menghitam T.T

sampah muara kamal

sampah di muara kamal😥

antim 24, 25/5/14

40 thoughts on “one day trip ke pulau onrust, cipir, kelor

  1. widiiiih, udah nduluin kesono nih jadinya. kita malah belooom. waktu dr untung jawa itu awalnya dirancang mau wisata antar pulau, wee cah2 cilik itu pada keasikan banana😀

    asik kayaknya ya yg onrust

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s