wajah indah islam di novel AAC 2

“eh, titin lagi baca AAC 2. gak banyak kisah cintanya siy, tapi gak tau deh, kamu nyinyir enggak baca novel ini.” “kayanya nyinyir deh!” tempo hari aku nge mesej temen bilang lagi baca AAC 2 yang tebelnya 690 halaman. entah apa sebabnya tiba-tiba aku tergerak ingin membacanya. dan entah apa sebabnya aku dengan sabar membaca […]

berburu tiket lebaran 2016

“tin, wis tumbas tiket lebaran durung?” “dereng dibuka, yu, mangke..” entah berapa kali ibu ngingetin buat segera beli tiket lebaran tahun ini. karena dua tahun kemaren memang enggak berasa banget lebaran di rumah. iya, karena dua tahun berturut-turut aku mudik lebaran bareng kakak, tapi tahun ini kuputuskan pulang sendiri aja. lebaran pakai kendaraan pribadi itu yaa.. […]

(Ala Magic Com) Antara KSB dan Macaroni Schotel

“Teh suka banget roti yah?” “Kenapa gitu?” “Itu bikin roti mulu. Udah dua kali bikin kan, sama ini jadi ketiga kali? Kenapa enggak pie aja, enak tau pie susu yang kemaren itu?” Yess. Kali ini aku masih penasaran sama Killer Soft Bread by Victoria. Karena menurutku, meski tekstur lembut tapi hasilnya kurang mengembang. Dan setelah […]

(Ala Magic Com) Nyemil Pie Susu Enak

Akhir-akhir ini langit Bandung kelabu. Jum’at kemarin pun aku pulang di tengah hujan yang menderas. Dan,  Okay.. jajal-jajal masak kali ini adalah pie susu. Setelah pekan kemaren ngambek dan pemalesan, tadi niyat banget pengen nyobain resep pie susu dari Mba Ferra. Aslinya resep ini dibikin pake happycall *nulise bener ora? tapi karena yang ada magic com, […]

(Ala Magic Com) Pizza Rumahan Ala Siwi Nona Tobeli

pizza magic com_titin

“Aku paling gak bisa makan roti dicampur daging, sosis, dan sebangsanya.”

Iyes, dulu sih pernah ngomong begitu. Dan kalau makan pizza (gratisan) juga masih makannya pelan-pelan, watir gak pas di lidah. Namun entah gimana, tiba-tiba kepengen bikin pizza ala-ala.

Dan akhirnya, inilah pizza magic com yang (udah pernah) heeeits entah dari kapan tau. Aku aja yang ketinggalan, pastinya.

“Kok bentuknya aneh!”

Kalau itu komen pertama temen pas aku pamer lewat WA. Pfft.. iya siy emang aneh. Keju yang sedianya diparutin di atasnya ternyata lembek, jadi aja gak pake keju. Tapi enak kok, dan kayanya siy bikin beginian mah anti gagal😀.

Maaf kalau penampakannya kurang menyenangkan, maklum ini pertama kali bikin pizza, dan kedua kali bikin beginian setelah kemaren bikin brownis tea. Di magic com pun. *pledoi.

Sila bila ada yang mau mencoba, saya mengambilnya dari resep Mba Siwi Tobeli:

Saos Pizza

Bahan:
2 siung bawang putih, cincang
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang.
1 sdt merica bubuk atau secukupnya
1 buah tomat merah, buang isi dan potong kotak kotak
1 batang daun bawang potong halus, optional
4 sdm saos tomat
3 sdm saos cabai
gula dan garam secukupnya

Cara Pembuatan:
Tumis bawang putih, bombay, dan merica sampai harum, kemudian masukan tomat.
Masukkan saos tomat dan saos sambal bumbui dengan garam dan gula.
Aduk, beri air sedikit, aduk sampai kental dan masukan daun bawang tunggu sampai matang. Sisihkan.

Topping:
Sosis diiris tipis
Keju parut »»» aku pakai keju kraft quick melt biar kejunya lumer. (Toping bisa diganti sesuai selera) –> si sayah gakjadi dikejuin. 
Bahan Roti :

150gr tpung terigu protein sedang
1 butir telur kocok lepas
1/2 sdm fermipan
1/2sdm minyak goreng
1sdm margarin
air secukupnya
Sejumput gula dan garam
Cara:
Campur tepung terigu, sejumput gula dan fermipan hingga rata.
Masukkan telur yang telah dikocok lepas. Aduk rata.
Tambahkan minyak goreng dan air secukupnya. Adoni sampai setengah kalis.
Masukkan margarin & sejumput garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis elastis.

Tutup adonan dg kain basah. diamkan 30mnit. (Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas) Setelah adonan mengembang, adonan siap ditata diwadah
magicom yang sebelumnya oles margarin.

Olesi atas adonan dengan saos, tata toping, kemudian masukan ke magicom. Selama 10 menit posisi magic com dalam keadaan cook selanjutnya 20 menit posisi warm
Keluarkan pizza yang sudah matang. Siap disajikan dengan saos sambal dan saos tomat.

penuh sesak :D
penuh sesak😀

Kesulitan:
Karena aku bener-bener gak kebayang awalnya gimana bikin pizza ini, jadi pas gepeng-gepengin adonan (bahasanya apa yak ahaha..) sobek mulu. Untuk ukuran Nona Tobeli ini aku bikin jadi dua pizza, karena magic com nya yang ukuran sedeng.

Adonan pertama pake toping saos dan sosis (gagal ngeju) dan adonan yang kedua pake toping saos-jagung-mayo. Dan ternyata aku kebanyakan naruh jagung sosisnya, jadi aneh gitu bentuknya😀. 

Yang jelas next harus lebih oke rasa dan bentuknya. Sekian dan semangat belajar!

 

 

Bandung, 18/2